MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH DENGAN METODE DRILL

Penulis

  • Agusnita Agusnita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al-Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Disiplin, Belajar, Metode Drill

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas II SD
Muhammadiyah Dengan Metode Drill”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah
untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dalam meningkatkan
disiplin belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah dengan menggunakan metode drill. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengunakan
Rumus Rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan. Aktivitas Belajar siswa siklus I berjumlah
2,73 dikategorikan kurang sedangkan pada siklus II adalah 3,73 dikategorikan baik. Aktivitas
guru dalam mengajar siklus I berjumlah 2,42 dikategorikan kurang sedangkan pada siklus II
berjumlah 3,71 dikategorikan baik. Hasil Kedisiplinan siswa menggunakan metode drill dari
siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Bila dilihat siklus I sebesar 2,51 dan siklus II
sebesar 4,88 sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan
kedisiplinan siswa setelah dilakukan penelitian sebanyak 2 siklus. Metode drill merupakan
suatu metode yang dapat meningkatkan keterampilan dan kedisiplinan oleh sebab itu
diharapkan kepada guru agar dapat meningkatkan metode drill pada pembelajaran berikutnya
karena sangat banyak memberikan manfaat kepada siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar