Analisis Penggunaan Metode Storrytelling terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK IT Cendekia

Penulis

  • Mirsa Oktadianti Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Metode Storrytelling, Kemampuan berbicara anak.

Abstrak

Kemampuan berbicara anak usia dini dapat dikembangkan di
rumah maupun di sekolah. Proses pembelajaran diberikan kepada
anak dengan semenarik mungkin, sehingga anak-anak dapat
menikmati proses pembelajaran tersebut. Salah satu metode yang
dapat digunakan untuk anak usia dini dalam meningkatkan
kemampuan berbicara anak usia dini adalah melalui storytelling
yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi anak.
Metode storytelling tidak hanya dapat diberikan di sekolah saja oleh
guru, tetapi orangtua juga dapat memberikan cerita pengantar tidur
kepada sang anak. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui
perkembangan kemampuan berbicara anak Kelompok B dengan
penggunaan metode Storytelling di TK IT Cendekia Aceh Besar, 2)
Untuk mengetahui tehnik yang digunakan dalam penggunaan
metode Storytelling untuk meningkatkan kemampuan berbicara
anak Kelompok B di TK IT Cendekia Aceh Besar, dan 3) Untuk
mengetahui kendala dihadapi guru dalam penggunaan metode
Storytelling untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak
Kelompok B di TK IT Cendekia Aceh Besar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelompok
B di TK IT Cendekia yang berjumlah sebanyak 4 orang. Teknik
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan
observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan
berbicara anak dengan penggunaan metode storytelling disini
berbeda-beda tergantung dari kemampuan anaknya, cara
pemahaman penangkapan bahasa yang didapat oleh mereka ada
anak yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tehnik
yang dilakukan dalam memberi pembelajaran yang dapat
mengembangkan kemampuan berbicara salah satunya dengan memberi ruang kepada anak untuk mengutarakan pertanyaan,
mestimulus pertanyaan dan mengaitkan dengan kehidupan orang
itu. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan
berbicara kelompok B di TK IT Cendekia Aceh Besar yaitu tidak
semua anak dapat memahaminya dengan baik, dikarenakan
kelompok B baru masuk sekolah dan responnya kurang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20