Analisis Kemampuan Siswa Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B1 di TK Save The Kids Banda Aceh

Penulis

  • Silvia Husna YF Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Metode bercerita, Kepercayaan Diri siswa.

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan hal penting yang harus dimiliki anak untuk
menapaki roda kehidupan. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti saat
PPL di TK Save The Kids Banda Aceh, ditemukan permasalahan bahwa
anak kurang berani untuk tampil kedepan, anak merasa takut berbicara di
depan temannya, anak selalu mengeluh disetiap kegiatan pembelajaran,
anak kurang berinteraksi dengan lingkungannya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan Siswa dalam meningkatkan
Kepercayaan Diri Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B1 Di TK Save
The Kids Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
metode bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui
Metode Bercerita Pada Kelompok B1 di TK Save The Kids Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
rancangan one-group pre-test-post-test design. Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan anak. Teknik Pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah pretest dan post-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata Kepercayaan Diri Melalui Metode Bercerita
Pada Kelompok B1 Di TK Save The Kids Banda Aceh sebesar 29,02 untuk
rata-rata pretest dan sebesar 37,24 untuk rata-rata post-test anak.
Disamping itu, berdasarkan dari perhitungan uji hipotesis t diperoleh ????????????????????????
= ????(1−????, ????−1) = ????(0,95)(16) = 1,746, sehingga diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yaitu
10,27 > 1,746, maka ????????ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan
Kepercayaan Diri siswa Pada Kelompok B1 di TK Save The Kids Banda
Aceh. Diharapkan kepada guru agar menerapkan metode bercerita ini
untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Adapun metode bercerita
yang digunakan peneliti dengan menceritakan kisah persahabatan monyet
dan kura-kura.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20