Analisis Metode Bermain Peran Dalam Menstimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar

Penulis

  • Rita Susila Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Millata Zamana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Metode Bermain Peran, Kecerdasan Spiritual Anak.

Abstrak

Kecerdasan spiritual anak belum berkembang secara optimal, dimana anak kurang
tertib ketika berdoa, anak masih sering bertengkar dengan sesamanya, anak
kurang memiliki perilaku jujur sopan dan hormat dengan sesama teman dan
gurunya, dan anak belum bisa mengendalikan diri ketika jajan atau membeli
mainan dan anak sering membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan
metode yang digunakan guru kurang efektif dan bervariasi dalam menstimulasi
kecerdasan spiritual anak. Salah satu metode yang diharapkan dapat
meningkatkan kecerdasan spiritual adalah metode bermain peran. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti sebuah penelitian
yang berjudul “Analisis Metode Bermain Peran Dalam Menstimulasi Kecerdasan
Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar”. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui analisis metode bermain peran dalam menstimulasi
kecerdasan spiritual anak usia 5-6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru di PAUD Ibnu Sina
Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 3 orang dan observasi anak sebanyak 10
anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa gambaran kecerdasan
spiritual dengan menggunakan metode bermain peran dilakukan dengan kegiatan
lingkaran, dimana anak-anak membaca doa seperti doa sebelum tidur, mereka
pura-pura tidur seolah-olah mau tidur dan kemudian bangun seolah-olah bangun
tidur dengan membaca doa bangun tidur. Hasil observasi menunjukkan bahwa
kecerdasan spiritual anak 10% belum berkembang, 20% mulai berkembang, 50%
berkembang sesuai harapan dan 20% berkembang dengan sangat baik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20