MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B-2 TK KARYAWAN KOTA BARU
Kata Kunci:
Konsep bilangan, berhitung, tutup botol..Abstrak
Kemampuan mengenal konsep bilangan perlu diperkenalkan sejak usia dini, dimana
pada tahapan awal, anak harus diperkenalkan terlebih dahulu konsep angka yang
sederhana. Terkait dengan hal tersebut, kemampuan mengenal konsep bilangan anak
kelompok B-2 di TK Karyawan Kota Baru belum berkembang secara maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan
melalui kegiatan berhitung menggunakan media tutup botol pada anak kelompok B-2 TK
Karyawan Kota Baru. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian tindakan kelas
dengan mengadoptasi model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahap tindakan
yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek
sebanyak 20 orang anak, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan teknik diskriptif kuantitatif persentase dengan
indikator keberhasilan sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi
peningkatan kemampuan berhitung melalui media tutup botol pada anak kelompok B-2
TK Karyawan, yaitu hasil pra siklus hanya 20% berkembang, meningkat menjadi 55%
pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 85% sekaligus melebihi standar
perkembangan peserta didik yang ditetapkan sebanyak 80%. (2) Aktivitas guru dalam
pembelajaran berhitung menggunakan media tutup botol pada siklus I dikategorikan
baik dengan skor 77,25% meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan skor
98,25%. (3) Aktivitas anak dalam pembelajaran berhitung menggunakan media tutup
botol pada siklus I dikategorikan cukup dengan skor 64%, meningkat menjadi sangat baik
pada siklus II dengan skor 88,25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan
berhitung menggunakan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan mengenal
konsep bilangan pada anak kelompok B-2 TK Karyawan Kota Baru.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.