ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI TK FKIP UNSYIAH PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020-2021

Penulis

  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mik Salmina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pembelajaran daring, pandemi Covid 19.

Abstrak

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap
muka secara langsung antara guru dan anak tetapi dilakukan melalui online yang
menggunakan jaringan internet, dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukakan
kerjasama antara guru dan orangtua murid. Tujuan penelitian untuk menganalisis
pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di TK FKIP Unsyiah dan
untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
daring pada masa pandemi Covid-19 di TK FKIP Unsyiah. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian guru
kelompok B sebanyak 6 orang, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman meliputi
data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui aplikasi
WhatsApp dengan langkah menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran daring,
pelaksanaan pembelajaran daring dan evaluasi pembelajaran daring. Dalam kegiatan
perencanaan disusun RPPH darurat Covid 19, jadwal daring, membuat group masingmasing kelompok B. Dalam kegiatan pelaksanaan meliputi kegiatan menyapa dan
sharing materi. Dalam kegiatan evaluasi guru memeriksa kegiatan anak yang dikirim
oleh orangtua, baik dalam bentuk foto, video, dan voicenote yang selanjutnya dimasukan
dalam penilan harian, penilaian mingguan dan penilaian semesteran. Kendala yang
dihadapi dalam pembelajaran daring pada masa Covid-19 di TK FKIP Unsyiah
diantaranya tidak adanya interaksi antara guru dengan murid karena hanya
menggunakan aplikasi WhatsApp saja, ketidaksiapan orangtua, komunikasi antara guru
dengan orangtua dan juga terkendala oleh ketersediaan perangkat teknologi informasi
yang dimiliki orangtua.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20