PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTA RENTANG

Penulis

  • Suryati Suryati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Inkuiri

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran
Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan
penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas
siswa dan guru pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Kuta rentang. Untuk
mengetahui Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas
IV SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri (SDN) Kuta Rentang 8 siswa dengan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata Aktivitas guru Pada siklus I berjumlah 2,7. Pada
siklus II dengan nilai rata-rata 3,7 berada pada kategori sangat baik. Rata-rata Aktivitas siswa
pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,37. Aktivitas pada siklus II diperoleh bahwa rata-rata
aktivitas siswa 3,37 dikategorikan Sangat Baik. Hasil dari siklus I diketahui bahwa nilai ratarata hasil belajar PKN melalui metode Inkuiri siswa Kelas IV yaitu sebesar 69,37. Hal ini
menunjukkan bahwa perkembangan hasil belajar berada di bawah KKM yang ditentukan yaitu
70. Jumlah siswa yang telah tuntas adalah 5 orang siswa dengan persentase 62,5%. Sedangkan
siswa yang tidak tuntas mencapai 3 orang siswa dengan persentase 37,5%. Nilai tertinggi yang
diraih siswa pada tahap siklus 1 adalah sebesar 85 dan nilai terendahnya adalah 35. Hasil dari
siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa Kelas IV pada pembelajaran PKn
yaitu sebesar 76,25. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa sudah berada di atas
KKM yang ditentukan yaitu 70. Jumlah siswa yang telah tuntas adalah 7 orang siswa dengan
persentase 87,5%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 1 orang siswa dengan
persentase 12,5%. Nilai tertinggi yang diraih siswa pada tahap siklus II adalah sebesar 90 dan
nilai terendahnya adalah 45.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar