IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBUDAYA ACEH DAN ISLAMI DI PAUD IK NURUL QURAN ACEH BESAR

Penulis

  • Khairiah Khairiah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mardhatillah Mardhatillah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

: implementasi, karakter Islami, budaya

Abstrak

Pendidikan karakter dan pengenalan budaya sejak usia dini amat perlu dilakukan
khususnya budaya Aceh yang identik dengan Islami. Hal ini untuk memperbaiki krisis
moral yang sedang melanda kaum muda serta untuk menjaga dan melestarikan budaya
Aceh agar tidak musnah oleh pesatnya perkembangan teknologi dan pengaruh budaya
asing Dalam penelitian ini masalah dibatasi pada mengetahui program budaya Aceh
yang diterapkan di PAUD Islam Karakter Nurul Quran dalam permasalahan berbahasa
Aceh, pengenalan makanan dan penyebutan nama bagi panggilan sanak keluarga. Serta
seperti apa implementasi penanaman nilai karakter Islam tersebut yang terintegrasi
dengan budaya lokal Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program
karakter apa saja yang ada di PAUD Islam Karakter Nurul Quran dan bagaimana bentuk
implementasi program karakter dalam membangun karakter anak yang berbudaya Aceh
dan Islami. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif Deskriftif, subjek penelitian ini
adalah 20 orang anak dan 5 orang guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
dalam membangun nilai-nilai karakter Islami dan mencintai budaya lokal pada anak usia
dini, dibutuhkan suatu pembiasaan, contoh dan tindakan yang terus menerus dari
lingkungannya baik lingkungan keluarga maupun sekolah. Simpulan dari hasil penelitian
ini adalah upaya sekolah dalam menerapkan program pendidikan karakter bagi anak usia
dini sepatutnya semakin diperkuat dan ditingkatkan demi mempersiapkan kualitas
sumber daya manusia yang optimal sejak usia dini karena keberhasilan suatu bangsa
tidak hanya ditentukan oleh kekayaan sumber daya alam saja, akan tetapi ditentukan
juga oleh kualitas sumber daya manusianya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20