MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN MEMBAWA BOLA DENGAN KERTAS HVS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TGK CHIK DIGOGO KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE

Penulis

  • Sriwahyuni Sriwahyuni
  • Fitriah Hayati
  • Lina Amelia

Kata Kunci:

permainan membawa bola dengan kertas hvs , sosial emosional

Abstrak

Perkembangan social emosional diartikan sebagai kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, serta kemampuan dalam mengerjakan atau menguasai tugas-tugas perkembangannya dengan baik. Kemampuan sosial emosional diperlukan oleh setiap anak guna menunjang aspek perkembangan lainnya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  Bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Tgk Chik Digogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie melalui permainan membawa bola dengan kertas hvs?Tujuannya adalah  untuk mengetahui adanya peningkatkan perkembangan sosial emosional melalui permainan membawa bola dengan kertas HVS? Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, jumlah sampel 15 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I  jumlah perolehan skor  dengan katagori belum berkembang 37% (6 anak), katagori mulai berkembang 40% (6 anak), katagori berkembang sesuai harapan 14% (2 anak),  dan katagori berkembang sangat baik 8% (1 anak). Sedangkan Pada  siklus ke II untuk katagori belum berkembang 8% (1 anak)  ,mulai berkembang 12% (2 anak), katagori berkembang sesuai harapan adalah 44% (6 anak) katagori berkembang sangat baik adalah 36% (6 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan membawa bola dengan kertas hvs dapat meningkatkan sosial emosional anak karena dalam permainan tersebut melibatkan anak untuk saling bekerjasama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02