ANALISIS KEGIATAN-KEGIATAN PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK A DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH

Penulis

  • Wilda Rahmina
  • Ayi Teiri Nurtiani
  • Lina Amelia

Kata Kunci:

kecerdasan interpersonal, anak usia dini

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di TK Cut Meutia Banda Aceh pada kelompok A mengenai kecerdasan interpersonal anak sudah mulai terlihat. Hal ini tampak pada keadaan anak-anak kelompok A dimana kemampuan anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya sudah mulai terlihat, anak sudah mampu bermain bersama teman walaupun anak masih setengah semester bersama teman dalam satu kelas. Kerjasama anak saat bermain sangat baik anak mampu mematuhi aturan permainan pada saat kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1). untuk mengetahui gambaran kemampuan interpersonal anak di TK Cut Meutia Banda Aceh. (2). Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Cut Meutia Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang guru kelas. Metode yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada anak kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. (1). Gambaran Kemampuan Interpersonal Anak Kelompom A di TK Cut Meutia Banda Aceh sudah mulai berkembang sesuai harapan (BSH) seperti yang terlihat saat anak bermain, anak sudah mampu berinteraksi dengan teman sebaya secara baik dan anak sudah mampu memahami orang yang ada disekitarnya. (2.) Kegiatan Yang Dilakukan oleh guru Untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal, seperti yang telah di jelaskan diatas yaitu dengan cara  mempertajam empati pada anak seperti mengajarinya hal-hal yang sederhana misalnya tolong menolong sesama teman sebaya dan juga dapat dilakukan dengan sering memberikan pertanyaan-pertanyan, dan juga bisa dilakukan dengan memperkenalkan bahasa,  dan memperkenalkan kata-kata sederhana yang belum pernah didengar oleh anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02