PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-WASHLIYAH BANDA ACEH

Penulis

  • Farida Hasmi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Permainan edukatif, barang bekas, kecerdasan musikal.

Abstrak

Kecerdasan musikal merupakan bagian dari kecerdasan jamak yang berkaitan dengan kepekaan mendengarkan suara musik dan suara lainnya. Kemunculan kecerdasan ini dapat dilihat dari kemampuan dalam menghasilkan dan mengapresiasi ritme dan musik yang dapat diwujudkan dalam kemampuan mempersepsikan. Untuk menstimulasi kecerdasan musikal dapat dilakukan melalui berbagai permainan salah satunya melalui permainan edukatif barang bekas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan edukatif barang bekas dalam menstimulasi kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Al-Washliyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Sampel penelitian anak kelompok B yang berjumlah 12 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistika. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Sebelum dilaksanakan permainan edukatif bahan bekas, sebanyak 25% anak belum berkembang kecerdasan musikalnya, selanjutnya sebanyak 58,33% anak mulai berkembang dan sebanyak 16,67% anak berkembang sesuai harapan. Setelah dilaksanakan permainan edukatif bahan bekas, jumlah anak yang mulai berkembang sebanyak 8,33%, anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 58,33% dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 33,33%. (2) Permainan edukatif bahan bekas efektif dalam menstimulasi kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Al-Washliyah Banda Aceh yang dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai t-hitung 13,33 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,80 (10,86> 1,80) pada taraf signifikan 5%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD