PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SD KELAS V PADA MATERI KPK DAN FPB
Kata Kunci:
Video Animasi, Pemecahan masalah, MatematikaAbstrak
Seiring dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi juga mengalami perkembangan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dari hari ke hari menjadi semakin canggih, secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap beberapa aspek dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media video animasi pada materi KPK dan FPB di sekolah untuk siswa Kelas V SDN Limpok Aceh Besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach and Development) dan rancangan penelitian “One Group Pretest Posttest Desidn”. dengan model ADIIE yang mencakup lima langkah-langkah sebagai berikut: tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik validasi untuk menguji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan respon guru. Hasil penelitian adalah telah mengembangkan media video aimasi untuk siswa kelas V SD, berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan respon guru media video animasi diproleh skor keseluruhan 88,77% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi dinyatakan sangat valid. Uji coba hasil posttest lebih baik dari hasil pretest. Hal ini ditunjukan dari nilai t-hitung 4,76 sedangkan hasil t-table 1,83 jika t-hitung ≥ t (1-a) (n-1) maka Ha diterima.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.