EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PADA PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 72 BANDA ACEH

Penulis

  • Fegi Fujia Kasih Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Perkembangan global saat ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep berpikirnya. Masa depan dengan berbagai tantangan melekatnya yang akan dihadapi oleh umat manusia memiliki implikasi luas dan mendalam terhadap berbagai macam rancangan pengajaran dan teknik pembelajaran. Metode pendidikan sangat perlu diperhatikan khususya bagi para pendidik, model dan media yang tepat akan menetukan keberhasilan seorang peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  penerapan model Discovery Learning meningkatkan pemahaman dan hasil belajar kognitif perserta didik sekaligus menyelesaikan kesulitan siswa dalam pemahaman pada materi mate-matika yaitu penjumlahan pecahan siswa kelas V SD Negeri 72 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian “One group Pretest Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil post test lebih baik dari hasil pre test. Hal ini ditunjukkan dari  nilai t-hitung =4,88. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan  t-tabel di mana derajat kebebasan (α) adalah 5% diperoleh t-tabel= 4,88 karena thitung > (1 –α)(n1+n2–2), berarti Ha diterima atau signifikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar