ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS ORKES TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID -19 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 15 ADIDARMAKOTA BANDA ACEH

Penulis

  • Rahman Marianus universitas bina bangsa getsempena
  • Irfandi
  • Zikrur Rahmat

Kata Kunci:

Pemahaman Guru Penjas Orkes, Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid -19, Proses Belajar Mengajar

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Pemahaman Guru Penjas Orkes Terhadap Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid -19 Dalam Proses Belajar mengajar di SMA Negeri 15 Adidarma Kota Banda Aceh”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk Mengetahui Pemahaman Guru Dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan Di SMA Negeri 15 Adidarma Kota Banda Aceh. Untuk Mengetahui Faktor Pendukung Tingkat Pemahaman Guru Dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan Di SMA Negri 15 Kota Banda Aceh. Untuk Mengetahui Kendala Dalam Tingkat Pemahaman Guru dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan Di SMA Negri 15 Adidarma Kota Banda Aceh. subjek ini peneliti mengambil 1 orang juru penjas, kepala sekolah dan 3 guru kelas Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan mengunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tingkat pemahaman guru penjas orkes dalam pelaksanaan protokol kesehatan di SMA Negeri 15 Adidarma  Kota Banda Aceh, dimana guru penjas menyarankan untuk mencuci tangan setelah bepergian keluar, menerima barang dari luar, atau setelah berjabat tangan dengan orang lain. Pendukung tingkat pemahaman guru Penjas orkes dalam pelaksanaan protokol kesehatan di SMA Negeri 15 Adidarma Kota Banda Aceh upaya guru penjas  dimana peraturan sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan mencegah penyebaran covid-19 dengan melakukan upaya preventif, himbauan dan memberi contoh kepada siswa. Kendala-Kendala guru penjas orkes dalam pembiasaan menjaga protokol kesehatan di SMA Negeri 15 Adidarma Kota Banda Aceh guru kendala yang dihadapi guru penjas orkes dalam proses pembelajaran daring adalah Ketika belajar disekolah guru menyampaikan materi secara langsung dalam kelas, menjelaskan secara rinci materi dari awal sampai akhir, serta dapat memantau langsung tingkat kepahaman siswa atas materi yang disampaikan. Dan apabila kurang paham terkadang guru mempersilahkn bertanya, namun pada saat pembelajaran daring ini guru kesulitan dalam proses pemantau siswa. Materi yang disampaikanpun tidak maksimal karena lewat via video, foto ataupun rangkuman tulisan, jadi akan berimbas kepada siswa yang akan sulit dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru penjas orkes.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika