PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MERONCE BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B4 TK NEGERI 1 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Motorik Halus, Kegiatan Meronce, Bentuk GeometriAbstrak
Gangguan motorik pada usia pra sekolah diperkirakan dari 5-3% dan sebanyak 60% dari kasus yang ditemukan terjadi secara spontan pada umur di bawah 5 tahun. Salah satu kegiatan yang dapat menstimulus perkembangan motorik halus anak adalah dengan kegiatan meronce bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus pada anak Kelompok B4 TK Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan di TK Negeri 1 Banda Aceh dengan jumlah 20 anak. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya perkembangnya motorik halus pada anak kelompok B4 TK Negeri 1 Banda Aceh. Setelah diberi tindakan melalui kegiatan meronce menunjukkan peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi pada setiap siklus. Sebagaimana hasil observasi siklus I kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 7%, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 40%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 50%. Dan katagori Berkembang Sangat Baik (BSB) 3% dengan tingkat ketuntasan belajar siswa masih dibawah standar ketuntasan klasikal yaitu dengan peresentase 45 %. Sedangkan siklus II kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 0%, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 10%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 45%. Dan katagori Berkembang Sangat Baik (BSB) 45% dengan tingkat ketuntasan klasikal 95 % dari seharusnya 75%. Berdasarkan penjabaran di atas dengan adanya kemajuan pada setiap siklus, dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce bentuk geometri dapat meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B4 TK Negeri 1 Banda Aceh. Pembelajaran melalui kegiatan meronce bentuk geometri dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan motorik halus anak.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.