MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL FATA LAMPAYA

Penulis

  • Karnita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi
  • Fitriah Hayati

Kata Kunci:

Bentuk geometri, Permainan puzzle, Geometri

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih banyak menggunakan media buku cetak, jarangnya anak diberi kesempatan untuk berkreasi dalam menciptakan suatu peralatan main menggunakan berbagai macam bentuk geometri, kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk geometri belum optimal. Dikarenakan hal tersebut sangat besar pengaruhnya untuk anak didik dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle pada anak kelompok A di PAUD AL FATA Lampaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle  pada anak kelompok A di PAUD AL- FATA Lampaya. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) lebih dikenal dengan PTK. Analisis data dilakukan secara deskriptif bertujuan untuk menggambarkan anak selama proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan mengenal bentuk geomertri: lingkaran, segitiga, dan segi empat melalui permainan puzzle geometri. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari tabel instrument meningkatkan kemampuan menengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle pada anak kelompok A di PAUD AL FATA Lampaya. Pada siklus I menunjukkan bahwa 2 dari 10 anak mulai terlihat mendapatkan nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sehingga hasilnya “tidak berhasil”. Pada siklus II Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa dari 10 anak sudah 7 anak yang mendapatkan nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sehingga hasilnya “berhasil”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD