EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK TK B DI PAUD MINA ACEH BESAR

Penulis

  • Fasrita Fasrita
  • Mik Salmina
  • Ayi Teiri Nurtiani

Kata Kunci:

Efektivitas Kegiatan Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi pada anak TK Kelompok B di PAUD Mina Aceh Besar menunjukkan bahwa kecerdasan visual spasial pada anak-anak di PAUD tersebut belum berkembang dengan baik. Anak belum mampu menangkap karateristik objek yang dilihat dan belum dapat menuangkannya ke dalam bentuk gambar. Anak juga belum peka terhadap bentuk, ukuran, unsur bentuk, komposisi, warna dan lainnya. Hal ini menunjukkan anak belum memiliki kecerdasan visual spasial yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kegiatan menggambar terhadap kecerdasan visual spasial anak kelompok TK B di PAUD Mina Aceh Besar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini one group Pretest-postest design Control. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai obyek penelitian.  Sampel Penelitian sebanyak 14 anak. Hasil penelitian menunjukkan nilai t(0,95) (13) = 1,77 sehingga thitung  t(t-α) yaitu  ≥ 1,77 maka Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan efektivitas kegiatan menggambar terhadap kecerdasan visual spasial anak kelompok TK B di PAUD Mina Aceh Besar. Kecerdasan   visual spasial anak menjadi lebih baik dengan kegiatan menggambar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02