EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

Penulis

  • Refi Samsumi Universitas bina bangsa getsempena
  • Teuku Mahmud
  • Wahidah Nasution

Kata Kunci:

Model pembelajaran kooperatif, Tipe Numbered Head Together, Pembelajaran Teks Editorial.

Abstrak

Dalam pembelajaran Teks Editorial, guru berperan sebagai fasilitator yang   memberikan materi pembelajaran dan pengetahuan tentang teks editorial.   Pembelajaran teks editorial akan  terlaksana  dengan  baik  apabila  ada  kerjasama  yang  baik  antara guru dan siswa. Berdasarkan pengamatan ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran teks editorial, diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif, jenuh cara mengajar guru kurang menarik, guru hanya menerangkan dan memberikan tugas, dan hasil belajar peserta didik menjadi kurang optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar?. Penelitian ini  bertujuan: untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design.  sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 1 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis uji t, diperoleh  >   yaitu 11 > 1,70 ini berarti t berada pada daerah penolakan H0 sehingga Ha dapat diterima pada taraf signifikansi a = 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia