SURVEI PENGUASAAN GERAK DASAR MOTORIK PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KETOL
Kata Kunci:
survei, gerak dasar, motorikAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagainamakah penguasaan gerak dasar motorik pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Ketol?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan gerak dasar motorik pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Ketol. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 3 Ketol yang berjumlah 21 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes motor ability untuk sekolah dasar yang dikemukakan oleh Nurhasan (2004: 6.6) dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87 yang terbagi dari 4 butir tes, yaitu: tes shutlle-run 4 x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, tes stork stand positional balance dan tes lari cepat 30 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kemampuan gerak dasar motorik pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Ketol sebesar 0% (0 siswa) berkategori sangat tinggi, sebesar 33% (7 siswa) berkategori tinggi, sebesar 43% (9 siswa) berkategori sedang, sebesar 19% (4 siswa) berkategori rendah dan sebesar 5% (1 siswa) berkategori sangat rendah. Tingkat kemampuan gerak dasar motorik terbanyak ada di interval 45 ≤ X < 55, maka tingkat kemampuan gerak dasar motorik siswa kelas V di SD Negeri 3 Ketol adalah “Sedang”.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.