PENERAPAN MEDIA BOLA GANTUNG TERHADAP MINAT DAN HASIL PASSING BAWAH BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 PERCONTOHAN
Kata Kunci:
ketertatikan belajar, pengawasan, bola volliAbstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dengan media pembelajaran yang memodifikasi pada siswa SMPN 19 Percontohan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Percontohan, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar passing bawah bola volly melalui media bola gantung. Data aktifitas siswa diamati oleh peneliti, kemudian ditulis dalam lembar observasi awal yang telah disediakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan passing bawah bola volly sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Pada kondisi awal rata-rata ada 11 siswa yang nilainya masih dibawah KKM, pada siklus ini hanya terlihat hanya 9 siswa yang belum bisa melakukan teknik atau keterampilan passing bawah dengan benar. Jadi masih ada 45% siswa di kelas VII yang belum bisa melakukan teknik passing bawah dengan benar dan nilainya masih dibawah KKM dalam siklus ini, sementara 55% siswa sudah dapat melakukan passing bawah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.