Pengaruh Media Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Berhitung Siswa Kelas Renda SDN 69 Banda Aceh

Penulis

  • Rabbana Atina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Haris Munandar Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media Power Point, berhitung

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat untuk membantu pendidik untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik. Power point adalah media yang sering dijumpai dan sering pula digunakan dalam berbagai kesempatan entah itu dalam presentasi, seminar, maupun proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media Power Point  untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas 2 SDN 69 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design, sedangkan bentuk dari desainnya adalah “one group pretest-posttest design” yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1). Tahap awal (pre-test), 2). Perlakuan (treatment), 3). Tahap akhir (post-test ). Kegiatan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 69  Kota Banda Aceh kelas II dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis dengan derajad kebebasan ( dk= n -1 = 25-1=25) dan nilai signifikan adalah α = 0.05  Untuk perhitungan ini ttabel adalah 1,71 berdasarkan yang telah di tetapkan oleh aturan penerimaan hipotesis, jika thitung > ttabel maka Ha dari perhitungan di atas bahwa thitung (11,67 > 1,71). Pernyataan menunjukan bahwa Ha terima, Oleh karena itu terdapat perbedaan hasil tes awal dan tes akhir yang menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh media power point untuk meningkatkan kemampuan belajar berhitung pada siswa kelas rendah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar