PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Penulis

  • Nur Aini Fitri Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Akmaluddin Akmaluddin Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pengaruh, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar” ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar tahuan ajaran 2021 – 2022 yang berjumlah 60 siswa dan siswi yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV-B yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-A yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kadju Aceh Besar. Hal ini ditandai nilat yaitu thitung  = 2,28 sedangkan ttabel= 2,00, berarti bahwa thitung > ttabel atau 2,28 > 2,00. Artinya hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Areand (kelas ekasperimen) lebih baik dibandingkan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol).

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar