PENGEMBANGAN MEDIA KICIR ANGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI KELAS III SD NEGERI 23 BANDA ACEH

Penulis

  • Parika Ulandari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rita Novita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zainal Abidin Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Kicir Angin, Hasil Belajar

Abstrak

Kemampuan belajar siswa di SDN 23 Banda Aceh belum maksimal untuk materi energi alternatif. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk mewujudkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Salah satu caranya peneliti mengajukan untuk menarik perhatian siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media kicir angin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kincir angin yang valid, efektif dalam materi energi alternatif untuk siswa kelas III SD Negeri 23 Banda Aceh dan menilai dampak positif dari pengembangan media kincir angin terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 23 Banda Aceh dalam memahami materi energi alternatif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) DAN model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Subjek penelitian ini terdiri dari dosen ahli materi dan media, guru serta siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi media dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media kincir angin dalam materi energi alternatif pada siswa kelas 3 SD Negeri 23 Banda Aceh yang didalamnya sudah terdapat komponen-komponen kicir angin, seperti baling-baling kicir angin, tiang kicir angin dan teras tempat penempatan kicir angin tersebut. Media kincir angin yang dikembangkan berdasarkan uji kelayakan sudah sangat layak digunakan pada materi energi alternatif pada siswa kelas 3 SD Negeri 23 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar