Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree

Penulis

  • Shadilla Rusali Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Safrina Junita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengembangan, Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Pengembangan LKPD dilakukan untuk mempermudah dan meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran yang isinya dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang akan dihadapi oleh siswa pada serangakian kegiatan dan latihan pada LKPD. Salah satu LKPD yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu LKPD beerbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kevalidan pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila terhadap siswa kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree, serta untuk melihat efektifitas hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree menggunakan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila. Pendekatan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan ini dilakukan pada Siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree yang berjumlah 20 siswa. Teknk pengumpulan data yang dilakukan yakni angket(koesioner), hasil tes belajar siswa dan dukumentasi. Berdasarkan masil penelitian menunjukan bahwa pada kevalidan pengembangan berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila, bahwa diperoleh nilai keseluruhan validasi sebesar 90,66% dengan kriteria “Sangat Layak”, pada hasil kepraktisan pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila dengan menggunakan angket respon guru bahwa diperoleh pesentase penilaian dengan skor 98,18% dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan efektifitas hasil belajar siswa kelas V terhadap penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dikelathui bahwa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 83,33 dengan kriteria “Sangat Efektif”. Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree efektif digunakan dalam proses pembelajaran dikelas

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar