PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS V SDN 57 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Pembelajaran, Model Cooperative Script, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Model pembelajaran Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang mengembangkan upaya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Pembelajaran ini juga dibuat berbentuk kelompok,kelompok ini diharapkan para siswa dapat meningkatkan berpikir kritis, kreatif, dan menumbuhkan rasa sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui apakah terdapat pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa IPA Kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan One Group Pretes-Poattest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa V SD Negeri 57 Banda Aceh dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar pre test rata – rata nilai keseluruhan sebesar 67,38, hasil belajar post test t rata – rata nilai keseluruhan sebesar 84,05. Dari perhitungan uji t bahwa, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,706 dan nilai thitung adalah sebesar 6,721 maka thitung = 6,721 > ttabel = 1,706. Maka di ambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 57 Banda Aceh. Sedangkan berdasarkan uji N-gain score bahwa skor N-gain adalah 0,51, termasuk kategori Sedang, dan hasil observasi pada keaktifan siswa diperoleh persentase keseluruhan 89,92% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Hal ini bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 57 Banda Aceh sangat bagus digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Hal ini sesuai dengan karakteristik dalam pembelalajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script yaitu memberikan pengalaman langsung pada siswa apa yang ada dilingkungan sekitar dan membantu siswa untuk melibatkan dirinya secara aktif.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.