EFEKTIVITAS PERMAINAN SNAKES AND LADDERS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJIYYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA BAKONGAN TIMUR ACEH SELATAN

Penulis

  • Ani Sasnita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Wahidah Nasution Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Huruf hijaiyah sangat penting untuk dikenalkan kepada anak sejak usia dini, karena pada usia ini anak dapat dengan mudah mengingat apa yang diajarkan oleh orang dewasa. Kebiasaan membaca yang tumbuh sejak dini akan baik untuk perkembangan otak anak dan mampu meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir rasional serta mampu meningkatkan pengendalian dirinya sendiri. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengajarkan huruf hijaiyyah kepada anak adalah dengan menggunakan permainan Sank and ladder. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi dalam pembelajaran menyebabkan anak-anak kurang aktif dalam pembelajaran dan anak cenderung menjadi bosan dan rendahnya kemampuan anak usia 4-5 tahun di tk dharma wanita Bakongan Timur Aceh Selatan dalam mengenal huruf hijaiyyah. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui apakah penerapan permainan snakes and ladders  efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Bakongan Timur Aceh Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data yang telah peneliti lakukan didapatkan nilai  sebesar 9,01 sedangkan untuk  didapatkan nilai sebesar 1,73. Berdasarkan aturan penarikan kesimpulan yang diungkapkan oleh Arikunto (2010) jika  maka H0  tertolak dan Ha diterima. Sehinggadapat  disimpulkan bahwa penerapan permainan snakes and ladders  efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Bakongan Timur Aceh Selatan. Melalui penelitian ini peneliti meenyarankan beberapa hal diantaranya:1) Sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam menerapkan kemampuan yang dimiliki oleh anak; 2) Guru diharapkan lebih kreatif dalam mencari dan mengeksplor kakampuan anak serta lebih tanggap dalam membantu anak yang mengalami kendala ketika mengikuti proses pembelajaran; 3) Disarankan kepada peneliti lain yang tertarik dengan penelitian ini untuk melakukan penelitian dengan materi dan kelas yang berbeda, namun tidak terlepas harus memperhatikan materi yang cocok dengan snakes and ladders.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Profesi Guru