EFEKTIVITAS KEGIATAN MELUKIS DENGAN TEKNIK PERCIK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK - ALHUSNA KABUPATEN ACEH SELATAN
Kata Kunci:
Melukis, Teknik percik, motorik halusAbstrak
Penelitian ini berlatar belakang dari motorik halus anak yang belum berkembang secara optimal. Yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah kegiatan melukis dengan teknik percik efektif untuk meningkatkan motorik halus anak pada kelompok B di TK Al - Husna Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B. Pendekatan dan metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5 – 6 tahun yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki- laki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pree test sebesar 41,67 dan hasil rata-rata post test sebesar 76. Hal ini dapat di maknai bahwa kegiatan melukis dengan teknik percik yang telah di laksanakan efektif untuk meningkatkan motorik halus anak di kelompok B TK Al- Husna Kabupaten Aceh Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan kepada Sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam menerapkan kemampuan yang dimiliki oleh anak, Guru dapat menjadikan kegiatan melukis mengunakan teknik percik sebagai salah satu cara dalam mengajar agar siswa menjadi lebih tertarik dan dapat meningkatkan kemampuan siswa, Disarankan kepada peneliti lain yang tertarik dengan penelitian ini untuk melakukan penelitian dengan materi dan kelas yang berbeda, namun tidak terlepas harus memperhatikan materi yang cocok dengan kegiatan melukis mengunakan teknik percik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.