PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN KAJHU ACEH BESAR

Penulis

  • Armayani Sarah Universitas Bina Bangsa Banda Aceh
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Safrina Junita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar IPA

Abstrak

Pendidikan merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir, sehinngga dapat menghasilkan kualitas yang berkesinambungan, yang ditujukan pada perwujudan sosok manusia masa depan. Model Project Based Learning adalah pembelajaran yang menggunakan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan oleh siswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Kajhu Aceh Besar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain one-group pre-test-post-test design yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (pre-test), kemudian diberikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL), dan diukur kembali variabel dependennya (post-test), tanpa ada kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) diperoleh nilai rata-rata 76,83. Sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk post-test didapatkan nilai rata-rata sebesar 89,33 dan nilai KKM tuntas yaitu frekuensi 30 siswa dengan persentase 100%. Pada uji hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Kajhu Aceh Besar. Hal ini dikuatkan oleh hasil uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yakni 3,502 > 2,051. Dapat disimpulkan bahwa PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan saat mata pelajarn IPA berlangsung, karena dengan PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar