AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT CURRICULUM INDEPENDENT IN TEACHING READING ENGLISH

Penulis

  • Wilda Aina Fitri Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Persepektif siswa, Kurikulum merdeka, Pengajaran Menulis Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Kurikulum Mandiri dalam pengajaran membaca di kelas 3 SMAN 1 Simeulue Cut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SMA SMAN 1 Simeulue Cut. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang diisi oleh 38 responden. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu Kesesuaian, Efektivitas, dan tingkat kekerasan dalam Kurikulum Mandiri, khususnya dalam konteks pengajaran membaca dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mempunyai persepsi positif terhadap kesesuaian kurikulum dengan kebutuhannya, efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran, dan tingkat kekerasan dalam penerapan kurikulum tersebut. Kesimpulannya, mayoritas siswa mempunyai pandangan positif terhadap Kurikulum Mandiri, meskipun terdapat variasi persepsi terhadap kemampuan beradaptasi. Hal ini menekankan pentingnya pemantauan dan evaluasi penerapan kurikulum secara berkelanjutan, serta memberikan ruang penyesuaian agar lebih memenuhi kebutuhan dan harapan siswa.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris