ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Melda Abonia
  • Wahida Nasution
  • Rismawati Rismawati

Kata Kunci:

model PPL, kompetensi dasar, dan bahasa indonesia.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Model Pembelajaran Problem Possing Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian antara model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode dalam melakukan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Library Research. Data dikumpulkan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal artikel dan karya ilmiah serta Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Indonesia Sekolah Mengah Atas (SMA) kelas X semester I. Teknik anlisis data melalui prosedur data reduction (penyederhanaa),  data verification (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuain model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar  terdapat pada KD.31-3.8 hal ini dapat dikatakan sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning dilihat dari langkah kerja model itu sendiri dan kegiatan pembelajaran Kompetensi Dasar didalam pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis peneliti bahwa model pembelajaran Problem Possing Learning dapat dipadukan dengan Kompetensi Dasar 3.1-4.19. Adapun materi yang tidak sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning terdapat pada Kompetensi Dasar 3.10-4.10 pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) khusunya di semester 1dalam pelajaran Bahasa Indonesia.  Peneliti beranggapan bahwa dari proses analisis model pembelajaran Problem Possing Learning  dapat meningatkan stimulus, rangsangan dan motivasi siswa dalam proses kegiatan pembelajaran

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia