PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA SUBTEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DI SDN 55 BANDA ACEH

Penulis

  • Sellya Utami Sellya Utami, Safrina Junita, Helminsyah

Kata Kunci:

Pengembangan, Model ADDIE, Keaktifan Siswa

Abstrak

Keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan atau kesibukan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah salah satunya penggunaan media LKPD dalam proses belajar dikelas. . Pembelajaran ini dilakukan berdasarkan aktivitas yang terdapat dalam LKPD yang dikembangkan dengan cara siswa berintraksi langsung dengan lingkungannya agar siswa tersebut dapat lebih memahami apa yang telah dipelajari, sehingga siswa lebih aktif bertanya dan rasa ingin tau yang tinggi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan, yakni Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba/penerapan), Evaluation (perbaikan). Penelitian ini dilakukan ini dilakukan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Teknk pengumpulan data yang dilakukan yakni angket(koesioner), observasi keaktifan siswa dan dukumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa pada hasil kelayakan LKPD dimana validasi ahli materi diperoleh sebesar 88,5%, validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 93% dan validator ahli desain diperoleh nilai 85% dengan nilai keseluruhan validasi sebesar 88,83% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil kepraktisan LKPD diperoleh persentase penilaian dengan skor 89% sehingga mendapatkan kriteria “Sangat praktis”. Hal ini bahwa penggunaan LKPD sangat bagus digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa diperoleh siswa skor nilai tertinggi sebesar 73 dengan bobot nilai 91,25% didapat kriteria “Sangat Tinggi” dan nilai terendah sebesar 63 dengan bobot nilai 78,75% didapat kriteria “Tinggi”. Dari hasil tersebut diperoleh persentase keseluruhan 83,50% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa penggunaan LKPD pada pembelajaran Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan di Rumahku dalam meningkatkan kektifan siswa kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh sangat bagus digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar