ANALISIS KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK KELOMPOK B-4 DAN B-5 DI TK KEMALA BHAYANGKARI 1 BANDA ACEH

Penulis

  • Putri Moulida Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kerjasama Orang tua dan Guru, Pembelajaran Daring

Abstrak

Putri Moulida Sari, 2021. Analisis Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Kelompok B-4 dan B-5 Di TK Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Pembimbing I, Fitriah Hayati, M.Ed., Pembimbing II, Teuku Mahmud, M.Pd.

 

Dalam pembelajaran dibutuhkan kejasama yang baik antara guru dan orang tua, begitu juga dilakukan ketika pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring di TK Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui kerjasama guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui kendala guru dan orang tua dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua kelas B-4 dan B-5 TK Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bahwa (1) Guru memberikan materi pembelajaran dengan efektif dan semaksimal mungkin dengan cara memberikan berupa video pembelajaran dan penugasan lainnya melalui sosial media whatsapp kepada orang tua. (2) Setiap memberikan penugasan guru akan menjelaskan terlebih dahulu tata cara pembuatan penugasan anak (3) Kerjasama guru dan orang tua dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran dan mendampingi anak ketika pembelajaran daring berlangsung agar anak pada saat pembelajaran berlangsung anak tetap fokus pada pembelajaran. (4) Adapun kendala selama pembelajaran daring adalah tidak begitu efektif ketika pembelajaran berlangsung karena guru tidak dapat memberikan pemahaman langsung kepada anak, guru tidak dapat memberikan penilaian yang maksimal kepada anak, beberapa orang tua sulit memahami materi dari guru ketika pembelajaran daring berlangsung dan beberapa orang tua memiliki kesibukan masing-masing seperti bekerja dan lain sebagainya sehingga tidak dapat mendampingi anak dalam proses pembelajaran daring.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD