PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEULANGA DAYA

Penulis

  • suwaibah suwaibah UBBG

Kata Kunci:

Metode Bermain, Balok Angka, dan Kognitif.

Abstrak

Permasalahan dari penelitian ini yaitu belum optimalnya pengembangan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Seulanga Daya dikarenakan proses pembelajaran yang monoton. Hal ini seharusnya menjadikan guru dalam memberikan materi pembelajaran yang aktif dan kreatif dengan bermain, anak dapat lebih berpikir kritis dan logis seperti hal yang anak lakukan yaitu menggunakan simbol, mengklasifikasikan benda dan mengurutkan benda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka pada anak kelompok B TK Seulanga Daya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka kata pada anak kelompok B TK Seulanga Daya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebelum tindakan pengembangan kemampuan berhitung sebesar 35% meningkat pada Siklus I sebesar 70% dan ketika dilanjutkan pada Siklus II meningkat sangat pesat menjadi 92% sehingga dapat disimpulkan bahwa anak didik mampu dengan baik menyelesaikan tugas dalam menggunakan simbol, mengklasifikasikan benda dan mengurutkan benda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak didik yang aktif untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru baik yang mampu bekerja secara mandiri maupun yang masih meminta bimbingan guru atau temannya namun mereka mau berusaha karena materi yang diberikan sesuai dengan dunia anak yaitu bermain dengan alat-alat peraga. Maka, disarankan untuk Guru TK Seulanga Daya agar meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode yang menarik dan bervariasi disertai dengan sumber belajar. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD