E EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMAN 15 BANDA ACEH

EFEKTIFITAS, LKPD ,PROBLEM BASED LEARNING, FUNGSI KOMPOSISI

Penulis

  • AULIA PUTRI AULIA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Kata Kunci:

EFEKTIVITAS, LKPD, PROBLEM BASED LEARNING, FUNGSI KOMPOSISI

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning pada materi fungsi komposisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 15 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain yaitu one group pre test – post test design. Subjek penelitian terdiri dari 17 peserta didik kelas X IPA SMAN 15 Banda Aceh, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu LKPD berbasis PBL dan lembar instrument soal pretest – posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar rata – rata ketuntasan klasikal pada pretest 32 dan posttest 79,47, artinya penerapan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning efektif digunakan. Hal ini juga didukung dengan Uji-T, diperoleh nilai sig. (2 – tailed) 0.000 < 0,05 dan t sebesar 10.526 > 0,05, artinya terdapat peningkatan hasil belajar antara penggunaan sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning. Berdasarkan pengujian samples statistic menunjukkan bahwa adanya dampak dalam peningkatan hasil belajar yaitu mean error postest 2.810 < mean error pretest 3.527. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based learning sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis PBL dinyatakan efektif diterapkan di dalam pembelajaran fungsi komposisi

.

Kata Kunci:  Efektivitas, LKPD, Problem Based Learning, Fungsi komposisi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika