IMPLEMENTASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TPACK PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LHOKNGA ACEH BESAR

Penulis

  • Susanna Susanna Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Group Investigation, TPACK, Barisan dan Deret Aritmatika

Abstrak

Proses pembelajaran matematika di SMAN 1 Lhoknga kelas XI IPA guru belum pernah menerapkan Group Investigation berbasis TPACK kedalam pembelajaran. Maka dari itu, peneliti menerapkan Group Investigation berbasis TPACK di SMA Negeri 1 Lhoknga dengan harapan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pada materi barisan dan deret aritmatika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lhoknga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan memberikan pretest dan postest, observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lhoknga dan yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas XI IPA sebanyak 24 orang kelas kontrol dan 23 orang kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji descriptive statistics untuk melihat nilai pretest dan posttest di kelas kontrol dan eksperimen. Pada angket dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk melihat kevalidan dan reliabel pernyataan angket. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 88,57 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,21. Hanya pada nilai maksimum posttest kelas eksperimen dan kontrol yang nilainya sama yaitu 100. Dapat disimpulkan bahwa kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan Group Investigation berbasis TPACK pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lhoknga. Kemudian, analisis hasil observasi guru dan peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen, terlihat pada data observasi peserta didik termasuk kategori sangat baik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika