Kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik berbasis TPACK pada materi barisan geometri kelas XI SMA Negeri 5 Banda Acceh

Kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik berbasis TPACK pada materi barisan geometri kelas XI SMA Negeri 5 Banda Acceh

Penulis

  • darajatul aulia Pendidikan Matematika

Kata Kunci:

Representasi, Saintifik TPACK, Barisan Geometri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik berbasis TPACK pada materi barisan geometri kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Banda Aceh menggunakan metode penelitian kualitatif. Siswa kesulitan dalam menafsirkan ide matematika pada materi yang telah diajarkan, pemahaman materi serta fokus siswa yang masih kurang menyebabkan representasi siswa tidak berkembang dalam menyelesaikan permasalahan barisan geometri. Teknik pengumpulan yaitu tes dan wawancara dari sumber data yang valid. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI MIPA 3 dengan jumlah total subjek 32 orang siswa. Penentuan objek dilakukan secara random dengan masing-masing 1 orang siswa untuk setiap indikator ditinjau dari tingkat klasifikasi tinggi, sedang dan rendah. Indikator kemampuan representasi matematis siswa yang digunakan yaitu membuat persamaan atau model matematis dan menulis langkah-langkah penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa yang hampir memenuhi 2 indikator pada 2 soal yang diberikan hanya 3,1% siswa dengan tingkat klasifikasi tinggi, selanjutnya 6,2% dengan tingkat klasifikasi sedang, dan 90,6% tingkat klasifikasi rendah. Dalam hal ini siswa dikatakan sudah dapat membuat persamaan dan menuliskan langkah penyelesaian. Kesulitan siswa paling besar terletak pada menuliskan penyelesaian masalah dengan bahasa mereka sendiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika