PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD 23 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Model TGT (Teams Games Tournament), Hasil belajarAbstrak
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. Tujuan dari model pembelajaran TGT ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar IPA kelas V SD 23 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design (eksperimental lemah), sedangkan bentuk dari desainnya adalah “one group pretest-posttest design” yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1). Tahap awal (pre-test), 2). Perlakuan (treatment), 3). Tahap akhir (post-test ). Kegiatan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 23 Kota Banda Aceh kelas V dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis dengan derajad kebebasan ( dk= n -1 = 32-1=31 ) dan nilai signifikan adalah α = 0.05 Untuk perhitungan ini ttabel adalah 2,04 berdasarkan yang telah di tetapkan oleh aturan penerimaan hipotesis, jika thitung > ttabel maka Ha dari perhitungan di atas bahwa thitung (22,99 > 2,04). Pernyataan menunjukan bahwa Ha terima. Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperativ tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD 23 Banda Aceh
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.