UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PERMAINAN PASAR TRADISIONAL PADA KELOMPOK A1 DI TK IT MUTIARA ILMU

Penulis

  • Juliana Devi Aryanti Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Bermain Pasaran, Kecerdasan Naturalis, TK IT-Mutiara Ilmu Aceh Besar

Abstrak

Pemahaman konsep alam sekitar merupakan dasar dan pondasi yang kuat bagi anak dalam meningkatkan kecerdasan natural pada tahap selanjutnya yang lebih kompleks. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui permainan pasar tradisional. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok A1 dengan jumlah 20 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase yaitu pengolahan data yang dikumpulkan melalui observasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui permainan pasar tradisional kelompok A1 di TK IT Mutiara Ilmu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan naturalis  anak dapat di lihat dari hasil penelitian sebagai berikut: Pratindakan (BB) 10 anak atau 50%, (MB) 5 anak atau 25%, (BSH) 3 anak atau 15%, (BSB) 2 anak atau 10 %. Siklus I (BB) 4 anak atau 20%, (MB) 4 anak atau 20%, (BSH) 5 anak atau 25%, (BSB) 7 anak atau 35%. Siklus II (BB) 0 anak atau 0, (MB) 1 anak atau 5%, (BSH) 1 anak atau 5%, (BSB) 18 anak atau 90%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui permainan pasar tradisional dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok A1 di TK IT Mutiara Ilmu, Kabupaten Aceh Besar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD