Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Saintifik Pada Materi Ekosistem Di SDN mESJID lHEU

Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Saintifik Pada Materi Ekosistem Di SDN MESJID lHEU

Penulis

  • ririn amaliah mutmainah

Kata Kunci:

Pengambangan Media, Pop Up Book, Ekosistem Rantai Makanan

Abstrak

Pendidikan pokok yang didapat dalam lingkungan sekolah adalah belajar. Pembelajaran yang diawali dengan pendekatan akan mewujudkan suasana belajar yang terancang sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Pop Up Book yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA khususnya materi ekosistem rantai makanan untuk siswa Sekolah Dasar kelas V. Pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik merupakan model pembelajaran yang memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkolaborasi langsung terhadap materi pelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis Saintifik diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir siswa secara aktif. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research And Development (R&D) model pengembangan media pembelajaran ini menggunakan ADDIE (Analysis, design, Development and Implementation, Evaluation). Berdasarkan penilaian ahli media secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 91% dan dinyatakan sanagt layak. Berdasarkan respon Guru memperoleh skor 96% dan hasil respon siswa memperoleh skor 98%. Hal ini dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran Pop Up Book merupakan media pembelajaran yang praktis untuk siswa. Untuk hasil belajar siswa memperoleh skor 100% hal ini dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran Pop Up Book sangat efektif untuk siswa. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Pop Up Book “sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif” untuk digunakan di Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar