Pengembangan media pembelajaran materi pengamalan nilai nilai pancasila berbentuk kincir pancasila untuk kelas V SDN Alur linci

Pengembangan media pembelajaran berbentuk kincir pancasila

Penulis

  • Ririn Nirwana Ririn universitas bina bangsa getsempena

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran berbentuk kincirpancasila merupakan pembelajaran yang dapat membantumahasiswa belajar dan dirancang secara menarik baik dari segibentuk maupun konten pembelajaran sehingga pembelajarantidak monoton yang berdampak pada peningkatan hasil belajarsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk kincir pancasila yang layak untukmeningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembanganpenelitian ini menggunakan Research and Development R&D.Metode R&D adalah penelitian yang digunakan untukmenghasilakan produk tertentu dan menguji keefektifanproduk tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini adalah observasi, kuesioner (angket) dan test. Instumenpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembarangket meliputi lembar angket validasi (ahli media), lembarangket validasi (ahli materi) dan soal test. Adapun teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik kevalidan, kepraktisan dan efektifitas. Berdasarkanhasil penelitian diperoleh validasi ahli media 78% validasi ahlimateri 72% validasi instrumen angket respon siswa 86%. Analisis hasil data kemampuan meningkatkan hasil belajar inidilakukan terhadap 9 responden yaitu analisis pre test(kemampuan awal) 54,4 dan analisis post test (kemampuanakhir) 81,6 dengan demikian produk yang dikembangkanlayak untuk digunakan. Secara umum dapat disimpulkanpengembangan media pembelajaran pada materi pengamalannilai-nilai pancasila berbentuk kincir pancasila layakdigunakan.

Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, ppkn, kincir pancasila

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar