PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA POP UP BOX TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS V SD NEGERI BLANG BINTANG
Kata Kunci:
Pengembangan media, Ular Tangga Pop Up Box, Peningkatan kemampuan berpikir.Abstrak
Pembelajaran pada hakikatnya digunakan untuk mengembangkan potensi pada setiap individu. Kegiatan pembeljaraan melibatkan dua belah pihak yaitu peserta didik sebagai penerima pendidikan dan pendidikan sebagai pemberi fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Ular Tangga Pop Up Box yang layak digunakan pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang untuk siswa Sekolah Dasar kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), model pengembangan media pembelajaran ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Berdasarkan penilaian ahli media secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 86% dan dinyatakan sangat layak. Berdasarkan respon guru memperoleh skor 87% dan hasil respon siswa memperoleh skor 86%. Hal ini dapat dikategorikan bahwa media pembeljaran Ular Tangga Pop Up Box merupakan media pembelajaran yang sangat praktis untuk siswa. Untuk hasil belajar siswa memperoleh skor 90% hal ini dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran Ular Tangga Pop Up Box sangat efektif untuk siswa. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Ular Tangga Pop Up Box “sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif” untuk digunakan di Sekolah Dasar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.