PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA XII IPS 1 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Penulis

  • Amelia Wambrauw universitas bina bangsa getsempena
  • Yusrawati Jr Simatupang Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci: Struktur dan kebahasaan, teks editorial, metode drill.

Abstrak

Masalah yang terjadi di dalam kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh bahwa pembelajaran menganalisis struktur dan kebahsaaan teks editorial masih dilakukan dari buku sumber yang tersedia di sekolah dan hanya dapat dipahami oleh beberapa siswa sehingga belum bisa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menganalisis teks editorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan keberhasilan penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa, data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dideskripsikan dengan kalimat-kalimat sederhana untuk menjabarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata pra siklus sebesar 63,37 meningkat menjadi 75,26 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 86,04. Selain nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus sebanyak 29,63%, meningkat menjadi 59,26% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 85,19% sekaligus mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode drill pada siklus I dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial menggunakan metode drill tergolong cukup dengan skor 65,38. Setelah melalui berbagai upaya perbaikan, aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dengan skor 94,23.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia