PENGARUH PENGGUNAAN SILLABIC METHOD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 1 SD NEGERI 57 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Sillabic Method, Keterampilan Menulis.Abstrak
Pengaruh Penggunaan Sillabic Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 SD Negeri 57 Banda Aceh. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa Getsempena. Menulis merupakan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan di kelas-kelas awal bagi anak-anak yang baru memasuki bangku sekolah. Pada tahap awal anak memasuki bangku sekolah di kelas I MI/SD, menulis merupakan menu utama atau langkah pertama yang harus diajarkan ke anak. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen. dengan desain one-group pre-test-post-test design dalam menggunakan Sillabic Method. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 1 SD Negeri 57 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes awal dilakukan sebelum perlakuan serta tes akhir dilakukan setelah penggunaan Syllabic Method pada kelas yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh Penggunaan Sillabic Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 SD Negeri 57 Banda Aceh. Berdasarkan hasil pada obeservasi awal yang dilakukan nilai rata-rata sebesar 5,63 dan nilai standar deviasi sebesar 31.137 sedangkan nilai simpangan baku diperoleh sebesar 176. Sedangkan pada nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 7,56 dan nilai standar deviasi sebesar 109.810 sedangkan nilai simpangan baku diperoleh sebesar 331. Adapun perolehan hitungan hipotesis 4.915 > 1.699 dan taraf signifikansinya 0.000 < 0,05. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan Syllabic Method berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas I SDN 57 Banda Aceh.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.