PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN BAITUSSALAM

Penulis

  • Rizkaa Mulyanaa Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Model Numbered Head Together

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan memproduksi teks eksplanasi siswa kelas XI MIA 1 SMAN Baitussalam. Upaya peningkatan tersebut, maka, di gunakan model pembelajaran NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa dan observasi data siswa dan guru. Yang di analisis secara kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIA 1 SMAN Baitussalam dapat dilakukan dengan  menggungankan model pembelarajan NHT. Hasil tes siklus I diperoleh pada data hasil belajar siswa siswa diperoleh rata-rata sebesar 65,04 dalam kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,8 dalam kategori sangat baik. Sedangkan data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,02 dari rentang 1- 4 tergolong kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,35 dalam kategori baik. Data kemampuan guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 3,55 dari rentang 1-5 dalam kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh rata-rata 4,8 dalam kategori sangat baik. Jadi dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan, dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa XI MIA 1 SMAN Baitussalam.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia