efektivitas permainan scrabble dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas B di PAUD Cinta Ananda

membaca permulaan melalui media scrabble

Penulis

  • Teti Asmarita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

scrabble media, beginning reading, effective

Abstrak

Membaca salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh anak agar dapat menambah pengetahuan dan juga dapat mengetahui informasi baru. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas B di PAUD Cinta Ananda ini dilakukan pada saat kegiatan sehari-hari. Untuk itu tujuan dilakukannya penelitian ini ialah dengan menggunakan media scrabble supaya dapat membantu anak untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan melihat apakah permainan ini efektif jika di terapkan pada anak, dengan subjek penelitian 9 orang anak dan pengumpulan data yang dilakukan melalui nilai lembar observasi yang dilakukan dengan eksperimen pretest dan posttest, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 9 - 1 = 8, maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (8), sehingga diperoleh t(0,975) (8) = 2,30 karena thitung > ttabel, yaitu 10,9 > 2,30 Dengan demikian hipotesis penelitian ini Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media scrabble efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelas B di PAUD Cinta Ananda.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD