efektivitas permainan scrabble dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas B di PAUD Cinta Ananda
membaca permulaan melalui media scrabble
Kata Kunci:
scrabble media, beginning reading, effectiveAbstrak
Membaca salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh anak agar dapat menambah pengetahuan dan juga dapat mengetahui informasi baru. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas B di PAUD Cinta Ananda ini dilakukan pada saat kegiatan sehari-hari. Untuk itu tujuan dilakukannya penelitian ini ialah dengan menggunakan media scrabble supaya dapat membantu anak untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan melihat apakah permainan ini efektif jika di terapkan pada anak, dengan subjek penelitian 9 orang anak dan pengumpulan data yang dilakukan melalui nilai lembar observasi yang dilakukan dengan eksperimen pretest dan posttest, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 9 - 1 = 8, maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (8), sehingga diperoleh t(0,975) (8) = 2,30 karena thitung > ttabel, yaitu 10,9 > 2,30 Dengan demikian hipotesis penelitian ini Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media scrabble efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelas B di PAUD Cinta Ananda.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.