the Analisis Upaya Guru Dalam Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok A TK Negeri 5 Tibang Kota Banda Aceh

kemandirian pada anak usia dini

Penulis

  • Defi Gita_Arisandi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci: upaya guru kemandirian, anak usia dini

Abstrak

Kemandirian perilaku dan kemampuan anak dalam kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, mau berbagi, dan mengendalikan emosi. Atau sikap ataupun kemampuan anak dalam menentukan pilihan sesuai dengan keputusan dan menerima konsekuensi yang menyertainya sehingga anak mampu mengurus dirinya sendiri sesuai dengan perkembangannya. Kemandirian sangat penting dikembangkan pada anak sejak usia dini karena bekal kemandirian yang mereka dapatkan ketika kecil akan membentuk mereka menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, kuat, dan percaya diri ketika menginjak usia dewasa nanti, sehingga mereka akan siap mengahadapi masa depan yang baik. Pembelajaran dalam meningkatkan rasa kemandirian pada anak usia 3-4 tahun di TK Negeri 5 Tibang Kota Banda Aceh. Untuk itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru menanamkan kemandirian anak usia dini kelompok A subjek penelitian ini berjumlah 18 anak, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru dalam melatih kemandirian anak dengan bimbingan, mengarahkan, memberikan contoh yang konkrit agar anak dapat meniru dan memperaktekkan langsung, memberikan kebebasan dan kepercayaan untuk belajar dan mencoba sendiri, dan memotivasi anak agar anak dapat terbiasa melakukannya sendiri, seperti anak sudah mampu menyimpan tas dan sepatu pada tempatnya, dapat membuka bekal dan botol minum sendiri, dapt bersabar ketika menunggu giliran saat mencuci tangan, dapat merapikan mainan, dapat menyelesaikan pekerjaan sampai sendiri sampai selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di sekolah yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian pada anak dapat dinyatakan berhasil dan berkembang dengan baik melalui pembiasaan kepada anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD