Pengaruh keterampilan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan media big book pada siswa kelas 1 SD negeri 55 Banda Aceh

Penulis

  • resti wirda universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Media Big Book, Keterampilan membaca siswa.

Abstrak

Pembelajaran dikelas masih kurang efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca. Dalam pembelajaran guru masih memberi contoh membaca dan siswa disuruh menirukan. Sehingga bagi siswa yang belum dapat membaca hanya sekedar mengingat ucapan guru tanpa memperhatikan rangkaian huruf yang ada. Ketika siswa disuruh membaca secara bergantian maka sering terjadi apa yang di ucapkan oleh siswa tidak sesuai dengan rangkaian huruf yang dibaca. Apa yang diucapkan kadang-kadang keliru dengan bacaan di atasnya atau bawahnya. Awal pembelajaran membaca siswa masih semangat mengikuti pembelajaran, namun sesudah berlangsung 30 menit, mulai ada siswa yang tidak memperhatikan guru, siswa berbicara dengan temannya, dan ada juga yang berlarian didalam maupun diluar kelas. Oleh karena itu, perlu pembelajaran yang lebih menarik, yaitu dengan pembelajaran melalui metode yang bervariasi yang sesuai dengan kondisi siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 55 Banda Aceh?. 2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca permulaan melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book pada siswa kelas I SD Negeri 55 Banda Aceh?. 3) Bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book pada siswa kelas I SD Negeri 55 Banda Aceh?, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 55 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan data rerata tes awal (pretest) di bagian terdahulu diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan awal (pretest) dalam perolehan keterampilan Membaca Permulaan siswa berada pada kategori kurang dan dibawah KKM. Pembelajaran menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book juga membawa siswa mencapai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book yang diterapkan memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya melalui kegiatan diskusi, dan kerja sama kelompok dalam pembelajaran yang berlangsung. Sehingga diharapkan agar guru menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar