PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA MTsN DI KOTA BANDA ACEH
Kata Kunci:
Peran Guru Pendidikan Jasmani, Membentuk Karakter SiswaAbstrak
Guru Pendidikan Jasmani memiliki peranan yang amat strategis dan urgen dalam membentuk dan mendidik karakter siswa/I. Oleh karena itu guru harus bisa menjadi contoh atau suri tauladan yang baik bagi anak didiknya. Penelitian ini terfokus pada MTsN di Banda Aceh yang peneliti khususkan menjadi tiga MTsN yang terdiri dari MTsN 1, MTsN 3 dan MTsN 4 Kota Banda Aceh dikarenakan ketiga MTsN ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai karakter siswa/I sehingga siswa memiliki nilai-nilai karakter yang baik dan terbentuknya nilai-nilai tentang cara berperilaku atau bertindak baik dalam berinteraksi dengan Sang pencipta dan individu lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan jasmani dalam membentuk karakter siswa pada MTsN Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru Pendidikan Jasmani dan 15 orang siswa/I di MTsN 1, MTsn 3, MTsN 4 Banda Aceh. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa peran guru Pendidikan Jasmani dalam membentuk karakter siswa di MTsN di Kota Banda Aceh khususnya pada di MTsN 1, MTsn 3, MTsN 4 Banda Aceh adalah dengan mengajarkan nilai-nilai karakter dan bertindak sebagai Inspirator, Keteladanan, Motivator, Dinamisator, dan Evaluator secara teori dan praktek kepada siswa, agar siswa terbiasa dengan nilai-nilai karakter. Guru Pendidikan Jasmani sudah melaksanakan perannya dalam pembentukan karakter siswa/I di di MTsN 1, MTsn 3, MTsN 4 Banda Aceh dan melakukan pengajaran tentang nilai-nilai karakter walaupun pengajaran yang dilakukan kepada semua nilai-nilai karakter masih belum maksimal terutama hal yang berkaitan dengan dinamisator seperti tanggungjawab dan kerja keras.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.