PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Kata Kunci: Media pembelajaran Geogebra , minat belajar siswa, Materi Sistem Persamaa Linier Dua Variabel (SPLDV)Abstrak
Geogebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemostrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai alat bantu untuk mengkontruksi konsep-konsep matematis. Nanang (2015). Hal ini sejalan dengan penelitian Lavicza (2017) yang dibuktikan bahwa melalui penelitian menunjukan bahwa Geogebra dapat mendorong proses penemuan dan eksperimentasi peserta didik dikelas. Fitur-fitur visualisasinya dapat secara evektif membantu peserta didik dalam mengajukan berbagai konjektur matematika dan berupaya dapat meningkatkan minat belajar siswa.. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode Sejati eksperimental design. Desain penelitian adalah dua kelas pre – test post – tes design . subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 31 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas control, Dari penelitian yang dilakukan oleh
peneliti di SMP Negeri 4 Banda Aceh maka mendapatkan hasil penelitian pada Data posttest yaitu : dengan nilai Rentang (R) = 55, banyak kelas interval (K) = 6 dan panjang kelas (P) = 9, dengan nilai rata-rata posttest = 57,01 dan standar deviasi adalah SD = 14,99. Berdasarkan hasil dari x2hitung = 49,0087 dengan banyak kelas interval K= 6, pada taraf signifikan dengan derajat kebebasan (dk) = (k-3) →(6-3 = 3), maka dari tabel chi kuadrat diperoleh x2(0,975)(3) = 3,182, dapat ditulis x2hitung ≥ x2tabel yaitu 49,0087 ≥ 3,182 Ha diterima, kesimpulannya adalah kriteria pengujian sesudah melakukan treatment (perlakuan) media pembelajaran menggunakan geogebra pada materi SPLDV dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kelas VIII, dari data pengamatan akhir ialah berdistribusi normal.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.