PENGEBANGAN MODEL PBL MELALUI METODE FIELDTRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 24 BANDA ACEH
Kata Kunci:
problem based learning, fieldtrip dan hasil belajarAbstrak
Pendidikan di Indonesia memiliki posisi strategis bagi kemajuan bangsa, khususnya berkaitan dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Sekolah menjadi salah satu tempat berlangsungnya proses belajar dan mengajar. Guru merupakan fasilitor pengajar yang dibutuhkan siswa dalam pendidikan. Upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, guru memilih metode mengajar tepat dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur, diharapkan siswa dapat menerima dan memahami dengan baik apa yang diajarkan oleh guru. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian R&D Research & Development dengan penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 24 banda aceh melalui metode fieldtrip menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Pengembangan ini diperoleh hasil data observasi awal dan akhir melihat tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPA materi perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan. Hasil data peningkatan belajar melalui metode fieldtrip dilaksanakan dengan baik dan di atas nilai KKM 94,1. Berdasarkan data tersebut, maka tingkat kevalidan diperoleh melalui data instrument ahli media dengan skor 5,5 kategori sangat valid dan data instrument ahli Bahasa diperoleh 5,3 kategori sangat valid. Persentase dari nilai hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil belajar siswa melalui instrument kepraktisan yaitu 70% dengan kategori praktis dan dikembangkan. Hasil belajar melalui evaluasi pembelajaran IPA diperoleh 94% dengan kategori sangat meningkat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.